Kewarganegaraan

1. Sebutkan pasal-pasal dan ayat-ayat berapa di UUD 1945 yang menjadi dasa hukum pendidikaan kewarganegaraan.
2. Sebutkan apa saja isu global yang ditujukan ke negara RI oleh negara- negara maju dan adi kuasa.
3. Jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia (HAM)
4. Sebutkan Bab dan pasal di UUD 1945 yang khusus membicarakan tentang HAM.
5. Jelaskan tujuan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi.
6. Sebutkan isi Pasal 30 ayat 1 UUD 1945
7. Jelasakan apa yang dimaksud dengan unsur negara yang bersifat Konstitutif dan yang bersifat Deklaratif.
8. Sebutkan tujuan Nasional bangsa Indonesia sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD 1945
9. Sebutkan isi Pasal 27 ayat 2 UUD 1945
10. Jelaskan menurut pendapat Abrahan Lincoln tentang demokrasi
11. Jelaskan pengertian bangsa menurut Kamus besar Bahasa Indonesia
12. Jelaskan bagaimana suatu negara dapat dikatakan negara demokrasi
13. Jelaskan pendapat John Lock tentang hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia
14.Jelaskan tentang demokrasi di Indonesia.


Jawab :

1). - Pasal 30 ayat 1
     - Pasal 27 ayat 3
     - UU RI No 20 tahun 2003
     - UU RI No 12 tahun 2006

2). Tentang perekonomian yang rendah, kemiskinan, dan korupsi.

3). Hak Asasi Manusia (HAM) adalah HAK DASAR ATAU POKOK MANUSIA YANG MERUPAKAN ANUGERAH  DARI TUHAN YME, BUKAN PEMBERIAN PENGUASA

4). - Dapat memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur dan demokratis serta iklas sebagai warganegara terdidik dalam kehidupannya selaku warganegara Republik Indonesia.
    - Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang beragam masalah dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa & bernegara yang hendak diatasi dengan penerapan pemikiran yang berlandaskan Pancasila, Wawasan Nusantara & Ketahanan Nasional secara kritis dan bertanggungjawab.

   - Memupuk sikap & perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejujuraan serta patriotisme yang cinta tanah air, rela berkorban bagi nusa dan bangsa.



5). Dapat memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur dan demokratis serta iklas sebagai warganegara terdidik dalam kehidupannya selaku warganegara Republik Indonesia, Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang beragam masalah dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa & bernegara yang hendak diatasi dengan penerapan pemikiran yang berlandaskan Pancasila, Wawasan Nusantara & Ketahanan Nasional secara kritis dan bertanggungjawab.Memupuk sikap & perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejujuraan serta patriotisme yang cinta tanah air, rela berkorban bagi nusa dan bangsa.

6). Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

7). Unsur pembentuk negara (konstitutif): wilayah/ daerah, rakyat, pemerintah yang berdaulat
Unsur deklaratif: pengakuan oleh negara lain

8). Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, untuk memajukan kesejahtetaan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

9). Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

10). Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln berikut ini adalah pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat (Democracy is government of the people, by the people and for the people).

11). bangsa adalah orang-orang yang memiliki asal kesamaan keturunan, adat, bahasa, dan sejarah serta berpemerintahan sendiri, atau bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi.

12). Suatu negara dapat dikatakan demokratis apabila kekuasaan mayoritas digandengkan dengan jaminan atas hak asasi manusia. Kelompok mayoritas dapat melindungi kaum minoritas. Hak-hak minoritas tidak dapat dihapuskan oleh suara mayoritas. Semua kelompok golongan atau warga negara hendaknya mendapat perlindungan hukum atau mendapat jaminan menurut undang-undang.

13). seorang filsuf dari Inggris yang menjadi salah satu tokoh utama dari pendekatan empirisme.

14). Sejak merdeka, Indonesia telah mempraktekkan beberapa sistem politik pemerintahan atas nama demokrasi, dari, oleh dan untuk rakyat.
A. Tahun 1945-1959 - Demokrasi Parlementer
B. Tahun 1959-1965 - Demokrasi Terpimpin
C. Tahun 1965-1998 - Demokrasi Pancasila
D. Tahun 1998 - Sekarang - Orde Reformasi

Kisi - Kisi Buat UAS

ESSAY

1.Sebutkan isi Pasal 1 ayat 1 UUD 1945.
2.Pemahaman Archipelago di Negara-Negara Barat berbeda dengan pemahaman Archipelago di Indonesia. Jelaskan tentang perbedaan tersebut.
3.Indonesia telah meratifikasi UNCLOS 1982. Jelaskan apa keuntungan dan kerugiannya.
4.Sebutkan apa saja Ajaran Dasar Wawasan Nusantara
5.Jelaskan apa yang ditulis oleh JOHN NAISBIT, dalam bukunya berjudul GLOBAL PARADOX.
6.Perkembangan global saat ini sangat maju pesat, khususnya perkembangan dalam bidang apa?
7.Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan satu bangsa perlu memperhatikan 4 K. Sebutkan apa 4 K tersebut
8.Wujud Pertahanan dan Keamanan Indonesia tercermin dalam kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi oleh kesadaran bela negara dengan menghadapi yang disebut AGHT. Sebutkan apa kepanjangan dari AGHT.
9.Unsur Dasar Wawasan Nusantara diantaranya Tata Laku. Jelaskan tentang Tata Laku.
10.Jelaskan pendapat dari penulis buku Borderless World, Kenichi Omahe dalam menghadapi kekuatan global.

 Jawabannya...

 1.) Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 “Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan".
 2.) Kalau menurut dari pemahaman barat : Laut berperan sebagai "pemisah pulau".      Sedangkan menurut dari pemahaman di indonesia : Laut berperan sebagai "penghubung pulau" sehingga wilayah negara indonesia menjadi satu kesatuan sebagai , "Tanah Air" disebut negara kepulauan.
3.) 1. Keuntungan:          a. Diakuinya Indonesia sbg Archipelago State.          b. Luas wilayah Negara bertambah.          c. Sumber daya alam bertambah.      2. Kerugian:          a. Mengakomodasi lintas laut Kepulauan (ALKI 1 Selat Sunda -                Laut China Selatan, Alki 2 Selat Lombok - Laut Kalimantan dan Alki 3               dari beberapa Selat di selatan Indonesia Timur ke Samudra Pacifik.         b. Kerawanan meningkat.
4.) - Landasan Idiil : Pancasila, dan       - Landasan Konstitusional : UUD 1945
5.) JOHN NAISBIT, DALAM BUKUNYA CLOBAL PARADOX, MENULIS “TO BE A GLOBAL POWERS, THE COMPANY MUST GIVE MORE ROLE TO THE SMALLEST PART” (bahwa negara harus dapat memberikan peranan sebesar-besarnya kepada rakyatnya).
6.) Khususnya dibidang Ilmu Pengetahuan Teknologi, Informasi, komunikasi dan transportasi.
7.)  4K = Kekuatan, Ketangguhan, Kemampuan dan Keuletan.
8.) AGHT = - Ancaman                          
                     - Gangguan                        
                     - Hambatan                    
                     - Tantangan
9.) Tata laku, merupakan interaksi antara wadah dan isi. Tata laku batiniah dan lahiriah.
10.) Penulis Buku Borderless World ( Kenichi Omahe ) Bahwa untuk dapat menghadapi kekuatan global peran pemerintah pusat harus dikurangi dan lebih memberikan peran kepada pemerntah daerah dan masyarakat.